Rabu, 06 Desember 2017

Merawat dan Melatih Ikan Laga

Fighter Fish

Memilih Ikan

Dalam dunia ikan baik Hias maupun ikan Laga, salah satu faktor terpenting adalah Air. Air bagaikan udara bagi manusia. Kualias air yang baik menghasilkan ikan dalam kondisi prima.
Kali ini saya akan membahas dari sisi ikan laga (berdasarkan pengalaman pribadi).

A.               Congkel Ikan
Istilah congkel ikan adalah mengambil ikan dari lubuk untuk kemudian ditempatkan di ren-an (dalam bahasa asing dikenal dengan istilah conditioned). Kesalahan banyak orang yang mempunyai uang adalah mengangkat ikan 1 lubuk tanpa congkel beberapa ikan terlebih dahulu. Untuk menghargai petani, alangkah baiknya congkel ikan tetap bayar (jangan mental gratisan) kecuali petaninya yang ngasih, huahaha..
Congkel sekitar 3 ikan dari 1 kolam dan masukan ren 1 minggu untuk melihat gigi dan silat ikan. Lho kok hanya gigi dan silat? Ya, gigi dan silat adalah hal yang tercipta secara alami. Sisik jika kurang keras masih bisa diperkeras dalam proses “ren”.
Foto Adriel Valiant.



B.                Test Ikan
Di dalam test ikan terdapat istilah ikan masuk dan ikan ga masuk. Ikan masuk dapat diartikan bahwa ikan sesuai dengan harapan. Kriteria masuk setiap orang ber beda-beda, ada orang yang mengartikan ikan menang berarti ikan masuk namun ada beberapa orang yang melihat beberapa spesifikasi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam test ikan:
1.     Gigi : Gigi adalah bawaan lahir dan pengaruh dari perawatan selama di lubuk.
2.     Silat : Silat adalah cara dan pola bermain ikan. Dari silat ini juga dapat ditentukan bagaimana ikan dilatih.
3.     Sisik : Keras tidak nya sisik adalah takaran bagaimana tahap ren yang harus dilakukan untuk suatu seri ikan. Jika ikan kurang keras, jangan berkecil hati. Banyak cara untuk mengeraskan sisik salah satunya adalah ramuan yang ditemukan oleh farm Glorious Betta.


C.               Ren
Ren adalah tahap mengkondisikan ikan supaya merangsang mental ikan sebagai petarung. Lama waktu ren bisa 2 minggu atau lebih. Lama proses ren tergantung dari style pemain masing-masing. Selama proses ren, lemak ikan selama di kolam akan berkurang. Jemur ikan 3-5 menit setiap pagi dan ganti air 4 hari sekali membuat ikan sehat. Selama botol ren/ tempat ren di kuras, taruh ikan di gelas minuman plastik supaya badan ikan bergerak dan tidak kaku. Disarankan tempat ren terbuat dari bahan plastik karena suhu-nya stabil.
Foto Adriel Valiant.

D.               Proses Latih Ikan
Banyak metode dalam melatih cupang adu. Tapi disini saya coba untuk memberikan pelatihan standar.
1.     Latih Putar : Putar santai saja ke kanan 10 kali, tunggu sampai putaran berhenti dan ikan di istirahatkan sebentar. Lalu lakukan lagi arah sebaliknya.

2.     Pale : Masukan ikan dalam gelas pop ice dengan air setinggi punggung ikan lalu buat dalam gelas posisi tertidur. Lakukan cukup 30 menit
3.   Umbar : Cukup taruh ikan dalam wadah luas dan biarkan beberapa hari disana

E.                Persiapan sebelum tanding
Bisa menggunakan Dopping ikan harga hanya Rp 10.000,- per pcs. Cara Pakai Bisa Dilihat di halaman: Dopping Glorious Betta
 Foto Adriel Valiant.
(Pemesanan Dopping bisa ke 0822-9822-5828)
Beri makan ikan di malam hari. Saat pagi hari panaskan ikan di gelas pop ice sampai ikan membuang kotoran (masa ikan membuang kotoran kurang lebih 8-10 jam). Jika kotorannya hitam normal artinya ikan sehat namun jika ikan membuang kotoran panjang berwarna putih artinya ikan sedang sakit dan jangan sekali-sekali dimainkan. Ciri lain ikan tidak siap main adalah perutnya berwarna putih. Saat posisi sekat ditutup, ikan yang benar-benar siap tarung akan agresif seperti mencari musuh.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar