Senin, 02 Oktober 2017

Tips Melakukan transaksi online

Tips Bertransaksi Online
Hallo brother, kali ini Glorious Betta akan membahas tips-tips bertransaksi online berdasarkan pengalaman yang ada. Baik langsung saja, pertama-tama kami akan membahas etika sebagai buyer maupun seller:

1.       Etika sebagai Seller
Menjadi penjual online tentu berbeda dengan penjual konvensional. Banyak tipe pembeli yang akan anda hadapi mulai dari php (pembeli harapan palsu), pembeli yang mau-nya serba cepat, pembeli yang marah-marah, pembeli yang masih awam, sampai dengan pembeli yang tanpa basa basi langsung transfer (sultan) hahaha. 
Untuk pembeli yang bersahabat tentu tidak susah kita tangani. Berikan apa yang dia mau dan layani dengan ramah, kemungkinan besar dia akan menjadi pelanggan setia anda. Namun saat berhadapan dengan pembeli yang “bermasalah”, akan ada trik tersendiri supaya nama baik anda sebagai seller tidak tercemar. Lho kok bisa tercemar? Yes, ingat saat ini semua orang dapat dengan mudah memberi info kepada orang lain baik itu benar maupun hoax. Saya sarankan jangan sampai pembeli bermasalah tersebut men-screenshoot kata-kata anda dan menyebar luaskan-nya dalam dunia maya. Image yang anda bangun sangat berharga jika mau ditukarkan dengan pengakuan sesaat.
Berikut beberapa saran dari saya dalam menghadapi beberapa tipe buyer:
a.      Buyer just read” : tidak perlu marah2, ucapkan terimakasih sudah tertarik ataupun sekedar kata-kata salam kenal.
b.     Buyer nawar : berikan harga yang dia mau jika memungkinkan. Namun jika tidak anda bisa menolak ataupun menjual dengan harga tetap namun disertai dengan bonus yang tentunya tidak membuat anda rugi.
c.      Buyer bawel : hadapi dengan sabar dan fokuskan arah pembicaraan.
d.     Buyer banyak minta foto dan video : buat website, instagram atau upload di beranda anda. Dengan demikian anda hanya perlu memberikan link ke buyer atau mengarahkan buyer anda untuk mengecek akun sosial media anda.
Jika membutuhkan informasi mengenai pembuatan website, dapat langsung klik ke link berikut : Daftar Website Murah!!!
e.      Buyer mau menang sendiri : Dalam dunia kontes ikan hias maupun pertandingan ikan laga tidak ada kepastian menang. Berikan informasi mengenai ikan anda sebenar-benarnya dan jika mereka komplain terima dengan lapang dada dan ucapkan maaf. Player ikan hias maupun laga pasti sudah tau resiko saat hendak menjalani hobi ini.
f.       Buyer “kids jaman now” : tetap layani mereka, karena kita tidak akan pernah tau siapa mereka di masa yang akan datang.
g.     Buyer Modus Penipuan : Dalam beberapa kasus banyak pembeli akan minta dikirim barang terlebih dahulu baru uang mereka kirim. Arahkan menggunakan rekening bersama untuk keamanan. Rekber adalah wadah dimana buyer akan transfer uang ke pihak ketiga dan uang baru cair dari pihak ketiga kepada seller sesudah barang sudah diterima buyer dengan selamat dan sesuai kesepakatan.

Apapun tipe buyer anda, jangan sekali-sekali menjelekkan mereka di akun sosial media anda. Selain member pandangan buruk bagi calon pembeli lain, hal tersebut menandakan anda belum siap menjadi seller. Sekalipun anda menang debat dengan pembeli, anda akan tetap kalah.

2.       Etika sebagai pembeli
          Selanjutnya kita akan membahas Etika sebagai pembeli:
a.      Jangan memberikan harapan bahwa anda pasti membeli apalagi meminta banyak video atau foto tanpa ada niat serius melakukan transaksi.
b.     Ucapkan terimakasih jika Seller sudah memenuhi permintaan anda untuk melakukan Personal Chat.
c.      Jangan melakukan hit n run dalam arti deal tanpa tanggung jawab dengan memblokir penjual ataupun mengabaikan penjual.

3.       Tips Melakukan transaksi online
a.      Ajukan menggunakan rekber jika salah satu pihak tidak mempercayai pihak lainnya.
b.     Lihat Profil lawan transaksi kita. Pembeli yang serius cenderung tidak menggunakan akun sosial media yang masih baru. Penjual yang serius pun akan mempunyai banyak teman, interaksi, bahkan kegiatan dia sehari-hari dalam akun sosial media miliknya. Jika mencurigakan ajukan rekber.
c.      Tanya kepada admin dalam grup yang bersangkutan mengenai rekam jejak lawan transaksi kita.
d.     Jangan tergiur dengan harga murah atau bonus yang menggiurkan
e.      Anda bertanggung jawab sepenuh nya terhadap transaksi yang anda lakukan. Jika terkena tipu karena keteledoran sendiri jangan “teriak-teriak dan marah-marah” di grup. Memberikan info tentang akun penipu boleh-boleh saja selagi tidak menimbulkan keributan.
f.       Jika memungkinan minta COD-an (ketemuan). Bisa sekalian menambah relasi teman.
g.     Uang bisa di cari, tapi nama baik akan hilang jika sekali anda ketahuan menipu. Jangan ada niat melakukan penipuan dalam transaksi online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar