Sabtu, 22 April 2017

Introduce Glorious Betta

Halo Sahabat pecinta ikan hias. Berikut ini adalah sekilas tentang peternakan dan cerita bagaimana "Glorious Betta" farm bisa terbentuk.


BAGIAN I. Mengenal Ikan Cupang.
Berawal dari bulan Maret tahun 2010, saya mulai melirik hewan yang sebenarnya sudah disukai dan pernah saya pelihara sewaktu masih kecil. Kemudian, saya berkunjung ke sebuah rumah yang dipakai orang bernama om Budi untuk berjualan dan beternak ikan cupang. Saya yang masih SMA waktu itu, memiliki kelebihan dari pergaulan di media sosial sementara om budi tidak. Hal ini yang membuat saya memiliki ide untuk bekerjasama dengan beliau untuk memasarkan ikan cupang nya.

https://www.facebook.com/adriel.valiant/media_set?set=a.1100341205265.12242.1728724161&type=3

ini adalah link pertama kali saya post mengenai ikan cupang.

BAGIAN 2. Ketagihan Berjualan Ikan Online
Beberapa kali upload foto dan mendapat respon yang baik membuat saya ketagihan berjualan iklan di fb. Bagaimana tidak, hanya foto dan upload kemudian pesanan datang dan kirim via jasper (jasa pengiriman). Ikan pertama yang saya jual berwarna perpaduan antara biru, merah, dan abu2 https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1100344845356&set=a.1100341205265.12242.1728724161&type=3&theater.

Ikan ini laku terjual seharga 50rb rupiah dan tentu uang yang lumayan untuk anak SMA kala itu. Namun pembeli mensyaratkan saya harus mengantar sendiri ikan itu ke karawang (jalan tuparev), saya yang sedang semangat2nya berjualan pun mengiyakan hal tsb. Semenjak penjualan ini, orang semakin yakin dengan kredibilitas saya sebagai seller. Orang yang sama memesan ikan kembali seharga 300rb/ikan pada bulan berikutnya. Bulan-bulan berikutnya saya semakin kebanjiran order ikan.

BAGIAN 3. PENJUALAN PARTAI BESAR
Tidak lama saya upload foto ikan dalam jumlah besar, pesanan datang dari kalimantan memesan ikan lebih dari 200ekor. Saya menyanggupi dan Puji Tuhan hidup 90% lebih.

BAGIAN 4. DIKUTUKI BUYER
Sewaktu saya berjualan ikan online tidak selalu mendapat respon yang baik. Pernah ketika orang membeli ikan giant, ikan tsb mati di pengiriman dikarenakan kebocoran plastik (kala itu di packing oleh rekan saya). Tidak basa basi orang ini sms kecewa dan tau2 mengutuki saya tidak akan sukses. Tapi saya percaya sebuah Ayat yang berkata kutuk dan tenung tidak mempan terhadap anak2 Tuhan. Saya meminta maaf dan hendak mengganti, tapi buyer tsb tetap marah-marah.

BAGIAN 5. PENSIUN SEMENTARA
Memasuki kelulusan SMA, saya memutuskan untuk pensiun sementara sampai batas waktu yang tidak saya ketahui

BAGIAN 6. KEMBALI DI DUNIA IKAN CUPANG.
Lulus dari Kuliah, bulan November saya mulai meniti karir, namun saya teringat dengan hobi lama saya yaitu ikan cupang hias. Saya mulai searching pedagang2 ikan hias di daerah bekasi dan mendapati satu breeder senior di daerah jatimulya. Saya main kesana dan membeli 1 ekor ikan serit black orchid seharga 25rb. walaupun agak malu-maluin karena hanya beli 1 ekor namun bagi saya itu tidak masalah karena di rumah juga belum ada aquarium dalam jumlah banyak.  
Setelah itu saya kembali belajar dengan beberapa breeder, mulai mengenalkan diri kepada orang banyak, menjalin berbagai kerjasama dan terus belajar hingga saat ini menyediakan ikan cupang berbagai jenis dan warna. Semoga kedepannya dari hobi ini dapat menjadi berkat buat banyak orang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar